Rabu, 13 Agustus 2014

Lomba Dendang Syair Melayu Jambi 2014

“Tak Melayu hilang di bumi,” demikian salah satu ungkapan yang pernah dilontarkan oleh tokoh fenomenal Melayu, Hang Tuah. Memang apa yang pernah disampaikan tokoh Melayu tersebut benar adanya. Kebudayaan Melayu di dunia ini tidak pernah boleh hilang atau ditinggalkan masyarakatnya karena nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sangat bernilai tinggi, bahkan sangat luhur.

Dendang syair adalah salah satu tradisi nenek moyang orang Melayu yang sudah sulit ditemukan sekarang. Kita tidak pernah lagi melihat dan mendengar seorang ibu berdendang sambil menidurkan anaknya yang sedang dibuai di ayunan. Kita juga tidak pernah lagi melihat dan mendengar seorang nelayan berdendang di saat dia pergi melaut. Kita sulit menemukan tradisi berdendang di pelosok mana pun di negeri ini. Hal inilah yang membuat hati kita miris. Kalau tradisi ini tidak kita bangkitkan dan hidupkan kembali, bisa-bisa tradisi ini nanti akan benar-benar punah hilang lenyap ditelan bumi. 

Untuk menghidupkan kembali tradisi Dendang Syair, Kantor Bahasa Provinsi Jambi mengadakan Lomba Dendang Syair Melayu Jambi untuk umum se-Provinsi Jambi 2014. Untuk info lebih lengkap bisa baca di brosur.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, salam...

    Kategori

    Tentang ATL

    Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Jambi merupakan wadah sekumpulan orang-orang yang prihatin terhadap tradisi yang semakin lama semakin berkurang para penuturnya. Sekarang kami bermarkas di Kantor Bahasa Provinsi Jambi. Silakan kontak kami di email atl_jambi@yahoo.com

    Pengelola

    Pemerhati